Selasa, 04 Oktober 2011

Mengharumkan Islam Sedunia

Oleh Syaripudin Zuhri

Lagi-lagi Rusia membuat gebrakan bersejarah dalam dunia Islam, dengan tanpa tanpa basa-basi dan dengan langkah yang mantap Rusia kembali menyelenggarakan MTQ Internasional dan MTQ ini untuk yang ke 12 kalinya!
Sebuah prestasi yang amat membanggakan bagi negara bekas komunis ini. Kalau MTQ Internasional dislenggrakan di negara-negara Timur Tengah, itu sudah biasa dan tak aneh, karena memang lahirnyua Islam di sana!

Namun ketika MTQ yang berskala Internasional diadakan di negara bekas “beruang merah” yang terkenal dengan kekejaman agen rahasianya, KGB, adalah sesuatu yang luar biasa dan penyelenggaraannya bukan main-main, karena Amerika Serikat, Inggris dan Perancis mengirim utusan penghapal Al Qur’an atau Hafiz Qur’an! Sesuatu yang tak terbayangkan sebelumnya. Dan yang hebat lagi adalah negara Palestina yang sedang dijajah Israelpun mengirim utusannya dan Menang!
Gema takbir, "Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar!" membahana ketika diumumkan kemenangan Palestina mengalahkan negara-negara lainnya, tak kurang dari Saudi Arabia, tempat kelahirannya Islam! Ya Saudi Arabia dikalahkan Palestina dan mendapat juara ke III atas nama Abdul Malik Al Sulton dan ketika diumumkan juara ke III Malik langsung sujud syukur di depan panggung kehormatan dengan pakaian gamisnya yang serba putih, khas Saudi Arabia dan senyumnya mengembang kemana-mana.
Karena memang kelihatan Abdul Maliklah yang dipavoritkan penonton yang memenuhi ruang konser berkepasitas besar dan luas yang dapat menampung 700 orang , penonton full dan itupun ada yang duduk di lantai dan tambahan kursi, padahal panitia mematok harga tiket masuk 300-700 rubel( setara kurang lebih Rp 300.000-Rp 700.000) Namun karcis ludes terjual!
Bayangkan, padahal itu bukan tontonan musik yang hingar bingar, tapi lomba penghapalan Al Qur'an tingkat dunia! Dan tak main-main hampir seluruh benua terwakili, kecuali Australia. Jadi pesertanya dari empat Benua: Amerika, Asia, Afrika dan Eropa! Terbanyak yang datang dari Benua Eropa, karena memang satu daratan dan relative dekat dengan Rusia!
Hadiah istimewa buat Palestina! Setelah lahir negara Palestina dan diakui oleh banyak negara dan sekarang terdaftar menjadi negara 194 di PBB, walaupun masih belum resmi, namun gema kemerdekaan Palestina telah mendunia dan sekarang menjadi lebih istimewa lagi atas kelahiran Palestina dengan kemenangannya menjadi juara pertama, atas nama Kholid Daud, pada lomba Hafiz(penghapal) AlQur'an Internasional ke XII yang diadakan Rusia, Minggu,25 September 2011!
Dan yang membuat saya kagum dan rasa hormat adalah Amerika, Inggris dan Perancis yang selama ini terdengar dan kita membaca di berbagai macam berita tentang diskriminisi terhadap kaum Muslim, khususnya pemakaian jilbab, eh ternyata merekapun punya penghapal atau "jago-jago" penghapal(hafiz) Qur'an, luar biasa! Anda bisa bayangkan... ribuan ayat Al Qur'an yang mereka hapal!
Jadi sang Juri membacakan ayat dari salah satu surat diacak dengan ayat yang tak berurutan, misalnya bacakan surat Al Baqoroh ayat 197 dan seterusnya , setelah selesai perintah pertama, berikutnya perintah kedua bacakan surat An Nisa ayat 65 dan seterusnya, lalu perintah ke tiga bacakan surat Al Fath ayat 27 dan seterusnya.
Dan bila peserta salah satu hurup saja, langsung terdengar "tok..tok..." Peserta harus kembali ke ayat awal atau potongan ayat tadi, bila salah lagi, terdengar pembetulan dari dewan juri, jangankan salah kata, salah baris saja, diketahui oleh juri yang memang penghapal dari berbagai negara, dari Saudi Arabia langsung didatangkan Imam Masjid Madinah Syekh Abdullah Ali Muchlis, didampingi dewan juri lainnya dari Rusia, Mufti Islam Karimov, Abu Hasan Ahmad dari Amerika Serikat, Muhammad Muftiyah dari Iran, Ahmad Ali Kurs dari Turky! Itulah 5 dewan Juri yang suara ketukannya, dapat membuat peserta"panas dingin"
Jadi bila tiga kali pembetulan , masih tak bisa diulangi, dewan juri langsung mengucapkan" Sodakallah al adziim" alias peserta harus turun dari panggung atau turun dari mimbar kehormatan yang berbentuk Al Quran raksasa dengan warna putih dalam keadaan terbuka.
Nah bila vonis "Sodakallah..." tadi peserta turun dan fonis ini membuat peserta ada yang tak sempat mengucapkan salam untuk mengakhirinya, bahkan ada yang sampai "salah jalan", mestinya atau aturannya melewati belakang mimbar Al Qur'an tadi, eh malah lewat depan, yang membuat penonton tersenyum!
Wah ada yang kebagian yang enak atau dapat hapalan yang mudah, yaitu peserta dari Malaysia, kebagian hapalan surat Yasin, yang rata-rata orang muslim membacanya pada malam Jum'at, sehingga sebagian besar hapal, tanpa perlu menjadi penghapal Al Qur'an atau bergelar hafiz! Mungkin kalau Malysia menang banyak protes, karena untuk surat yasin banayk yang hapal, walaupun bukan peserta MTQ ini.
Anda mungkin tak menduga, ternyata dari Italia dan Yunani-pun ada penghapal Al Qur'an! Bahkan negara-negara mantan Blok Timur yang dulu idiologinya berhaluan komunis, seperti Bulgaria, Rumania, Cheko, Croasia mengirim utusannya! Negara di Asia Tengah, Tajikistan, Uzbekistan, Kazastan dan lain-lain ikut juga. Afganistan dan Irak yang sedang dilanda perangpun, punya penghapal Al Qur'an dan ikut dalam MTQ ini. Di Asia Selatan diwakili Pakistan. Oya Cina kali ini tak ikut, mungkin masih ada masalah dengan Muslim di Selatan Cina, itu bukan berarti tak ada penghapal al Qur'an dari Cina, ketika MTQ Internasional ke X, Cina ikut. dari Afrika ada Mesir, Marokko, Somalia dan Sudan.
Wah benar-benar mengasyikan... apalagi suara-suara penghapal Al Qur'an tadi semuanya membuat kita terpaku, kagum atau terpesona, begitu asyik mendengarkannya, padahal acaranya memakan waktu tak kurang dari 6 jam dipotong istirahat untuk sholat Asyar, jadi dari jam 14.00 wm(17.oo WIB) sampai jam 20.00 wm(23.00 WIB), penonton tak beranjak dari kursinya, ya kecuali untuk sholat Asyar tadi, oleh pihak hotel disediakan ruangan di aula bagian depan pintu masuk, yang disana digelar sajadah dan permadani warna warni dan ini pertama kali saya sholat di aula hotel Cosmos, secara berjamaah!
Dan pertama kali juga sebuah hotel di Rusia dijadikan ajang atau kegiatan keagamaan dan itu tak akan pernah terjadi di jaman komunis Rusia! Allahu Akbar!
Jadi satu lagi prestasi Rusia atau "gebrakan" Rusia dan ini mungkin tak di beritakan secara besar-besaran media cetak atau eletronik tentang Musabaqoh Tilawatil Qur'an secara Internasional ini. Dan secara fantantis MTQ Internasional sudah diselenggarakan oleh Rusia untuk ke 12 kali! Dan untuk MTQ Internasional XII ini di selenggarakan di Hotel Cosmos, sebuah hotel di Moskow yang letaknya berhadapan dengan Metro(kereta bawah tanah) WDNH, yang juga dekat dengan Musium Aeronautika, sebuah musium khusus penerbangan antariksa Internasional dengan ciri khas patung roket vostok menuju ke angkasa, sekaligus tanda diperingati manusia pertama, Yuri Gagarin, ke angkasa 12 April 1961!
Hotel Cosmos telah menjadi bersejarah atau menjadi saksi sejarah bagi perkembangan Islam di Rusia dan MTQ ke XIII sudah direncanakan tahun berikutnya, Insya Allah. Yang tentu saja peserta akan semakin banyak, sekarang saja sudah tambah dibandingkan tahun sebelumnya, terutama dengan peserta yang dari Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jadi negara yang termasuk The Big Five pada Dewan Keamanan PBB, kecuali Cina, semua ikut serta dalam MTQ ke XII ini!
Hebat dalam politik mereka sering bersitegang, dalam Islam mereka disatukan pada lomba hafiz Qur'an! Luar biasa, Rusia sebagai tuan rumah dan Islam di Rusia menampakan rahkmatan lil alaminnya, rakmat bagi alam semesta Dan Rusia sedang mengharumkan Islam sedunia.
Oya, di panggung yang megah di mana dua layar lebar bergantung pada dua sisi panggung, sehingga penonton ikut menyimak Qur'an yang sedang dihapal oleh peserta dan ikut menjadi saksi kebenaran atau kesalahan peserta, dengan demikian dewan juri bisa gugat sama-sama oleh penonton kalau terlihat tak adil!
Dan podium raksasa untuk penghapal Qur'an berbentuk Qur'an yang terbuka, sehingga peserta kelihatan hanya kepalanya saja! Dan di latar belakang juga berbentuk Qur'an yang terbuka seperti Qur'an biasa dimana awal suratnya yaitu Al Fatekah 1-7 dan Surat Al Baqoroh 1-5, benar-benar megah dan Qur'an raksasa sebagai latar belakang "menguasai" panggung membuat nuansa yang Agung!
Oya, namun sayang utusan atau penghapal Qur'an Indonesia dari Bogor, namanya Zaenal Arifin, belum mendapat juara! Zaenal mendapat piagam dari panitia sebagai tanda ikut berpartisipasi dalam lomba hafiz Qur'an dan semua peserta mendapat piagam tersebut termasuk sang juara yang tiga orang tadi, dari Palestina, Marokko dan Saudi Arabia!
Yang unik, nah ini kebiasaan cium tangan di Indonesia dengan syekh atau orang yang dihormati, dilakukan oleh peserta Indonesia, iya... peserta Indonesia cium tangan pada panitia yang memberi piagam! Padahal seluruh peserta tak ada satupun yang cium tangan pada juri, apa lagi pada panitia!
Bahkan seorang anak kecil, Hafiz Cilik, mendapat kehormatan untuk menghapal Al Qur'an dan yang dihapalnya bukan surat-surat pendek macam Al Ikhlas, Al Falak atau An Anas, tapi salah satu surat panjang, al Waqiah!
Dan ketika diberikan piagam dari Mufti Rusia, Imam Rafael Gaitnuddin, sebagai ketua panitia dan Imam masjid Agung Prospek Mira, anak tadi hanya salaman biasa, tidak cium tangan! Aha... ternyata cium tangan juga ciri khas Indonesia yang tak diajarkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia, walaupun ada, mungkin hanya sedikit. Dan memang tak ajaran sunnah untuk cium tangan, yang ada juga bersalaman!
Ya.. memang sulit kalau sudah menjadi kebiasaan, makanya pernah ada anekdot, ketika jamaah haji Indonesia datang di pelabuhan Jeddah dan para kuli angkut bicara dengan bahasa Arab yang kental dan mereka memakai surban, para jamaah hai tadi cium tangan, dia kira yang pakai sorban adalah para syekh atau sekelas para kiayi di Indonesia!
Nah demikian oleh-oleh dari Moskow, Rusia. Oya mohon doanya tahun depan insya Allah akan berdiri masjid terbesar di Eropa yang adanya di pusat kota Moskow. Dengan demikian selain MTQ Internasional yang ke XII telah sukses diselenggarakan oleh Rusia, Rusiapun sedang membuat Masjid Agung terbesar di Eropa.
Ya Islam sedang menujukkan kekuatannya di Rusia! Dan Rusia sedang mengharumkan nama Islam sedunia. Mari sama-sama kita buktikan, kalau di tahun 2012 ada ramalan kiamat, justru di tahun yang sama Insya Allah Masjid Agung Moskow akan selesai di bangun dan diresmikan! Salam.
Sumber: http://www.eramuslim.com/oase-iman/syaripudin-zuhri-mengharumkan-islam-sedunia.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar